Selasa, 19 Maret 2013

pentingnya mengenal potensi diri :)

Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna. Manusia diberi kemampuan lebih dibanding makhluk lain. Kelebihan dan keunggulan manusia dibandingkan dengan makhluk Tuhan yang lain dikarenakan, manusia dikarunia hati nurani yang dapat membedakan hal yang benar dan hal yang salah, akal pikiran (otak), kesempurnaan fisik sehingga mampu dikembangkan menjadi suatu prestasi, dan manusia dikarunia juga sifat kebersamaan.

Kemampuan dan kesempurnaan yang diberikan Tuhan kepada manusia tidak akan dapat berkembang secara optimal tanpa adanya suatu kerja keras. Potensi  yang ada pada diri perlu digali dan dikembangkan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan. Potensi diri tidak akan terlihat tanpa adanya prestasi. Slamet Wiyono (2006: 37) mengatakan bahwa potensi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam didalamnya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi sesuatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut. Dengan demikian potensi diri manusia adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia yang masih terpendam di dalam dirinya yang menunggu untuk diwujudkan  menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia.
Satu hal yang sudah terbukti dan sering dilihat di lingkungan sekitar kita bahwa biasanya kesempatan sangat cepat diraih oleh orang-orang yang memahami potensi dirinya secara baik. Berdasarkan hasil observasi di lapangan masih banyak orang-orang yang kurang memahami potensi-potensi yang ada pada diri mereka. Menurut Hery Wibowo (2007: 2) orang yang belum mengenali potensi dirinya sering kali merasa ragu apakah diri mereka cocok menekuni satu bidang tertentu. Memahami potensi diri menjadi sangat penting karena merupakan titik tolak pertama dalam menuju pencapaian langkah cita-cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar